Selasa, 04 September 2018

Liburan Ke Sumbawa? Jangan Lewatkan Rangkaian Kegiatan Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 ini

JACKYSAN LOMBOK - Pelaksanaan even kelas dunia Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 yang pelaksanaannya dipusatkan di Perairan Pulau Sumbawa dalam hitungan hari akan segera berlangsung. Pemerintah Kabupaten Sumbawa serta Pemerintah Kabupaten/Kota lainnya di Pulau Sumbawa melalui Dinas Pariwisatanya telah menyusun beragam rangkaian kegiatan yang akan memeriahkan pelaksanaan even yang akan berlangsung pada tanggal 9 – 23 September ini.

Setidaknya terdapat 19 rangkaian kegiatan yang akan disuguhkan bagi para yachter-yachter dari sekitar 42 negara yang akan menurunkan jangkarnya di perairan Pulau Sumbawa. Dimulai dari pagelaran seni dan budaya, alam dan bahari, hingga kuliner akan menjadi suguhan menarik selama para yachter berada di Pulau Sumbawa.



Rangkaian awal kegiatan dimulai dari Kab. Bima. Karena Kab. Bima menjadi gerbang utama yang menyambut kedatangan para yachter ketika memasuki perairan Pulau Sumbawa setelah berlayar dari Labuan Bajo dan Pulau Komodo. Kegiatan penyambutanpun telah disiapkan, seperti penyambutan oleh Kesultanan Bima serta kegiatan Volcano Tour Gunung Tambora pada tanggal 7-8 September 2018.

Pada tanggal 9 September 2018, merupakan hari pemukulan gong pembukaan rangkaian kegiatan Sail Moyo Tambora. Opening Ceremony akan berlangsung dan dirangkaian dengan International Yacht Rally, Pertunjukan Seni dan Budaya, Maritime and Tourism Expo dan malam harinya dilanjutkan dengan Gala Dinner di halaman Kantor Bupati Kab. Sumbawa.

Pada hari selanjutnya para yachter akan disuguhkan kegiatan City Parade, Moyo Tambora Fun Run dengan titik finish di Pantai Saliper Ate dan International Culinary Program untuk memerkenalkan cita rasa kuliner Indonesia pada para yachter. Adapula kegiatan International Tenun Festival, Dialog Budaya dan juga Investment Forum untuk membuka peluang investasi di Kab. Sumbawa.

Asia-Pasific Global Network International Seminar, Barapan Kebo, Pacuan Kuda dan Pengecekan Kesehatan juga merupakan rangkaian kegiatan yang akan berlangsung di Kab. Sumbawa hinggal tanggal 17 September 2018, sebelum akhirnya para yachter melanjutkan mengarungi perairan menuju arah Gili Balu Kab. Sumbawa Barat dan kegiatan dialihkan ke Desa Mantar yaitu International Paragliding.

Dari perairan Pulau Sumbawa, selanjutnya para yachter akan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Lombok, lebuh tepatnya di Medana Bay, Lombok Utara dan akan disuguhkan dengan kegiatan Gili Begawe. Medana Bay telah menjadi Stop Point bagi para yachter selama bertahun-tahun dalam setiap program Sail Indonesia. Pada tahun 2017 lalu, kegiatan penyambutan juga dilakukan di Medana Bay, dan para yachter sangat menikmati seluruh rangkaian kegiatan yang ada.

Seluruh rangkaian kegiatan Sail Moyo Tambora akan ditutup di Pulau Lombok. Setelah tiba di Medana Bay pada 20 September 2018, selanjutnya para yachter akan dihibur dengan alunan musik jazz di tepi pantai senggigi dalam kegiatan Senggigi Jazz Festival, lalu kemudian pada tanggal 23 September 2018 akan dilanjutkan dengan Farewell Party Sail Moyo Tambora bertempat di Dermaga Cruise, Gili Mas, Lembar. Kegiatan ini sekaligus menutup secara resmi seluruh rangkaian kegiatan Sail Moyo Tambora yang telah berlangsung sejak 9 September 2018 dan melepas perjalanan para Yachter menuju destinasi selanjutnya.

Melihat seluruh rangkaian yang telah disiapkanpun menarik perhatian Menteri Pariwisata (Menpar) Republik Indonesia, Bapat Arief Yahya. Menurut Menpar Arief Yahya, manajemen even pariwisata NTB sudah sangat bagus. Hal ini terlihat dari keberhasilan NTB menggelar Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018. Event tersebut merupakan event akbar. Karena dihadiri kurang lebih oleh 35 negara dengan lebih dari 5000 prajurit Angkatan Laut.

“Event MNEK 2018 belum lama ini berlangsung sukses. Karena hingga saat ini, kegiatan tersebut zero accident, serta zero complain, ini merupakan suatu prestasi tentunya,” ujar Menpar Arief Yahya.

I consider myself a professional blogger because I treat it with hard work, dedication, and a vision. Because I earn a little money from it and because I have been able to build marketable skills as a result of it. Get in touch with me via Google+ or Facebook.


EmoticonEmoticon